Text
Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP): (Survei pada SKPD pemerintah daerah Kabupaten Mamuju Utara)
ABSTRAK
Ramlah Maswit, C 301 08 092. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)”. Dibimbing oleh Ridwan selaku pembimbing I dan Muhammad Iqbal selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan dan Pelatihan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Populasi penelitian sebanyak 29 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kabupaten Mamuju Utara. Metode penarikan sampel adalah Metode Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil pengisian kuisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji F dan uji t untuk pengujian hipotesis.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: (1) variabel Pendidikan dan Pelatihan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), (2) variabel Pendidikan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Standar Akuntansi pemerintahan (SAP), (3) variabel Pelatihan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).
Saran penulis yaitu diharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Utara untuk meningkatkan pemahaman SAP Pegawai Pengelola Keuangan SKPD dengan meningkatkan program pendidikan dan pelatihan agar penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010.
Kata Kunci: Pendidikan, Pelatihan dan Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).
Tidak tersedia versi lain