Text
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Yang Di Moderasi Sikap Etis
ABSTRAK
Ika Febriana Putri (C 301 09 086), Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Mahasiswa AAkuntansi yang di Moderasi Sikap Etis dibimbing oleh Abdul Kahar selaku pembimbing I dan Ni Made Suwitri Parwati selakupembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dan sikap etis terhadap prestasi mahasiswa akuntansi, (2) kecerdasan emosional terhadap prestasi yang di moderasi sikap etis mahasiswa akuntansi(3) kecerdasan spiritual terhadap prestasi yang di moderasi sikap etis mahasiswa akuntansi.
Populasi penelitian sebanyak 320 mahasiswa akuntansi di universitas tadulako. Variabel penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional sebagai variabel X1, Kecerdasan Spiritual sebagai variabel X2, Sikap Etis sebagai variabel moderating X3, dan Prestasi Mahasiswa Akuntansi sebagai variabel Y. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara pada responden. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual,dan Sikap Etis Secara Simultan Berpengaruh Signifikan Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi, (2) Sikap Etis Memoderasi Kecerdasan Emosional Berpengaruh Signifikan Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi. (3) Sikap Etis Memoderasi Kecerdasan Spiritual Berpengaruh Signifikan Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi.
Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain seperti organisasi atau birokrasi mahasiswa, literature penunjang pengetahuan sebagai pelaksana ditujukan untuk prestasi mahasiswa.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Sikap Etis, Prestasi Mahasiswa Akuntansi.
Tidak tersedia versi lain