Text
Pengaruh Volume Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Pencapaian Laba PT. Media Suara Rakyat
ABSTRAK
Riskota Adi C 301 07 152 “Pengaruh Volume Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Pencapaian Laba PT. Media Suara Rakyat Di Kota Palu.” Dibimbing oleh Nurhayati Haris dan Selmita Paranoan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh volume produksi dan biaya promosi baik secara simultan maupun secara parsial terhadap pencapaian laba PT. Media Suara Rakyat di Kota Palu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang memaparkan atau menjelaskan data melalui angka-angka yang berasal dari PT. Media Suara Rakyat di Kota Palu dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian.
Hasil pengujian statistik menunjukkan besarnya koefisien korelasi ( R = 0,703) artinya variabel yang diamati mempunyai hubungan yang kuat dengan variabel terikat sedangkan koefisien determinasi (R Squre) sebesar 0,849 yang berarti 84,9% variabel bebas mampu menjelaskan terhadap variabel terikat sedangan 15,1% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya dalam penelitian ini yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Berdasarkan Hasil Uji Anova bahwa nilai F-hitung dari semua variabel (Harga Jual X1 dan Biaya Promosi X2) sebesar 42.491 > F-tabel 3.285 dengan probabilitas (signifikan) 0,000 berarti semua variabel bebas (Harga Jual X1 dan Biaya Promosi X2) mempunyai pengaruh yang signifikan/berarti secara simultan terhadap variabel terikat (terhadap Pencapaian Laba PT. Media Suara Rakyat Di Kota Palu). Hasil secara parsial untuk variabel volume produksi sebesar 0,268 atau 26,8% dan variabel biaya promosi sebesar 0,668 atau 66,8%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel volume produksi berpengaruh lebih besar dari pada variabel biaya promosi.
Saran penulis dimana hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan volume produksi terhadap pencapaian laba PT. Media Suara Rakyat di Kota Palu. Hal ini berimplikasi pada kebijakan tentang harga yang ditetapkan.
Kata Kunci: Pencapaian Laba, Volume produksi Dan Biaya Promosi PT. Media Suara Rakyat Di Kota Palu
Tidak tersedia versi lain