Text
Pengaruh Persepsi Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Sawit Jaya Abadi di Kabupaten Poso
ABSTRAK
Rosdiana Tolage, C301 09 091. “Pengaruh Persepsi Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Sawit Jaya Abadi Di Kabupaten Poso”. Dibimbing oleh Tampang dan Muhammad Ilham Pakawaru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi masyarakat dan partisipasi masyarakat secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial Perusahaan Sawit Jaya Abadi, (2) Persepsi masyarakat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial Perusahaan Sawit Jaya Abadi, (3) Partisipasi masyarakat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial Perusahaan Sawit Jaya Abadi.
Metode penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda, sedangkan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Variabel penelitian adalah persepsi masyarakat (X1) dan partisipasi masyarakat (X2) sebagai variabel independen, dan efektivitas tanggung jawab sosial (Y) sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi masyarakat dan partisipasi masyarakat secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial Perusahaan Sawit Jaya Abadi, (2) Persepsi masyarakat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial perusahaan Sawit Jaya Abadi yang ada di Kabupaten Poso, (3) Partisipasi masyarakat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas tanggung jawab sosial perusahaan Sawit Jaya Abadi yang ada di Kabupaten Poso.
Disarankan Sebaiknya pimpinan PT Sawit Jaya Abadi di Kabupaten Poso terus mengupayakan Sebaiknya pimpinan Perusahaan Sawit Jaya Abadi di Kabupaten Poso terus mengupayakan pelaksanaan CSR senantiasa disosialisasikan kepada masyarakat sekitar perusahaan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Partisipasi Masyarakat, dan Efektivitas Tanggung Jawab Sosial
Tidak tersedia versi lain