Text
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako
ABSTRAK
Salwia, C301 10 010. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako”. Dibimbing oleh Muh. JafarBekkadan Ernawaty Usman.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan menganalisis pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan dan Fasilitas Belajar berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Jenis penelitian ini, adalah penelian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 71 responden. Metode analisis data yang digunakan, adalah metode analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara simultan kecerdasan emosional, lingkungan dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako, (2) Secara parsial kecerdasan emosional, lingkungan dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Saran dalam penelitian ini adalah Mahasiswa akuntansi lebih mengembangkan kecerdasan emosionalnya,senantiasa menjaga ketertiban lingkungan dan fasilitas belajar yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti gaya belajar, profesionalisme dosen, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Lingkungan, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain