Text
Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Mobil Merek KIA Tipe ALL NEW PICANTO pada Dealer KIA Kalla Palu
NIRMALA DEWI, C 201 11 147, penulisan skirpsi ini dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Syamsul Bahcri, SE.,M.Si., selaku pembimbing I, dan Ponirin, SE., M.Bus. Ph.D., selaku pembimbing II, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari kualitas produk (X1), harga (X2), kesadaran merek (X3), citra merek (X4), kepribadian merek (X5), dan popularitas (X6) terhadap keputusan konsumen dalam membeli (Y) mobil merek KIA tipe All New Picanto pada dealer KIA Kalla Palu.
Jenis penelitian adalah deskriptif kausal, menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden yang merupakan pembeli/pemakai mobil merek KIA tipe All New Picanto di Kota Palu, pengambilan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), harga (X2), kesadaran merek (X3), citra merek (X4), kepribadian merek (X5), dan popularitas (X6) terhadap keputusan konsumen membeli (Y) berpengaruh secara simultan dengan nilai sig sebesar 0.000 yang < 0.05. selanjutnya variabel kualitas produk (X1) dengan nilai sig sebesar 0.000, harga (X2) = 0.020, citra merek (X4) = 0.040, serta variabel popularitas (X6) = 0.001. Nilai dari sig variabel-variabel tersebut < 0.05 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli (Y). Sedangkan dua variabel lainnya yaitu kesadaran merek (X3) dan kepribadian merek (X5) masing-masing memiliki nilai sig sebesar 0.826 dan 0.095 yang > 0.05. Maka kedua variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kesadaran Merek, Citra Merek,
Kepribadian Merek, Popularitas, dan Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain