Text
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Locus Of Control Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Universitas Tadulako)
ABSTRAK
Zulfikar G. Labolo, C 301 11 152. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya
Belajar dan Locus Of Control terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi pada
Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Universitas Tadulako”. Dibimbing oleh
Nurlaela Mapparessa selaku pembimbing I dan Masruddin selaku pembimbing
II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kecerdasan emosional, gaya belajar dan locus of control secara simultan dan
parsial terhadap pemahaman akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Tadulako.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 71
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi
linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, kecerdasan
emosional, gaya belajar dan locus of control berpengaruh signifikan terhadap
pemahaman akuntansi mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Tadulako. Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh terhadap
pemahaman akuntansi. Gaya belajar secara parsial berpengaruh terhadap
pemahaman akuntansi. Locus Of Control secara parsial berpengaruh terhadap
pemahaman akuntansi. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa
mahasiswa Jurusan Akuntansi umumnya memiliki gaya belajar visual, yakni
selalu menggali sumber informasi dengan mengandalkan bacaan dan sumber
referensi lainnya.
Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada peneliti selanjutnya
agar dapat menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
seperti perilaku belajar, profesionalisme dosen dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Locus Of Control,
Pemahaman Akuntansi
Tidak tersedia versi lain