Text
Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)
ABSTRAK
Nur Wahyunita Pratama, C 301 11 079, Pengaruh Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (studi kasus pada
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk). Dibimbing oleh Nurhayati Haris dan
Sugianto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan sebelum
dan sesudah ditetapkannya Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-05/MBU/2007
tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan
Program Bina Lingkungan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif dan uji beda t-test. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data sekunder berupa laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan
keberlanjutan yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI) dan situs
resmi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk periode 2005 sampai dengan 2010 yang
dikumpulkan melalui teknik dokumentasi berupa dokumen-dokumen dan laporanlaporan
historis perusahaan serta data lainnya yang berkaitan dengan penelitian
ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) sebelum dan setelah ditetapkannya Peraturan Menteri
Negara BUMN Nomor PER-05/MBU Tahun 2007 tidak memberikan pengaruh
signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil
pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi Return On Aset
(ROA) 0,076 > 0,05 dan Return On Equity (ROE) 0,084 > 0,05 dengan demikian
Ho diterima Ha ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyarankan kepada
perusahaan untuk tetap melakukan tanggung jawab sosial sebagaimana yang
dilakukan tiap tahunnya dan mengungkapkan dalam laporan keberlanjutan
perusahaan. Tanggung jawab sosial yang dilakukan harus lebih baik lagi agar
meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Kata Kunci : Pengungkapan, Corporate Social Responsibility (CSR) dan
Profitabilitas.
ix
Tidak tersedia versi lain