Text
Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Produk Shampoo di Kota Palu
ABSTRAKSI
Nining : C 201 10 072, Judul Penelitian : “Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Produk Shampoo Di Kota Palu”, dibawah bimbingan Ibu Dr. Zakiah Zahara, SE.MM sebagai pembimbing I dan Bapak Ponirin, SE.M.BUS.Ph.D sebagai pembimbing II.
Setiap perusahaan shampoo berusaha menngungguli perusahaan shampoo yang lain dengan melaksanakan program pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmen pasar shampoo berdasarkan variabel geografi, demografi, psikografi dan perilaku di kota palu serta untuk mengetahui merek shampoo apa saja yang ada pada masing-masing segmen pasar produk shampoo di kota palu.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden yang berdomisili di kota palu dengan dengan usia 17 tahun, dengan asumsi pada usia tersebut konsumen dapat mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri dan yang telah membeli dan menggunakan salah satu shampoo Sunsilk, Dove, Rejoice, Head & Shoulders, Zinc dan Emeron. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer tersebut diperoleh dari tanggapan atas kepada 100 responden ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling artinya teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis cluster untuk mengelompokkan objek (responden, konsumen, produk, dan lain-lain) menjai lebih sedikit dan menamakannya sebagai cluster.
Segmen pasar shampoo yaitu pada segmentasi psikografi berdasarkan variabel gaya hidup terbentuk menjadi 2 cluster, di cluster 1 yaitu orang-orang yang perfectionis, kemudian di cluster 2 yaitu orang-orang yang non perfectionist. Segmen pasar shampoo yaitu pada segmentasi perilaku berdasarkan variabel manfaat terbentuk menjadi 2 cluster, cluster 1 yaitu orang-orang yang sangat peduli dengan manfaat shampoo yang digunakan, kemudian di cluster 2 yaitu orang-orang yang cenderung tidak menyadari manfaat shampoo yang digunakan. Merek shampoo yang ada pada masing-masing segmen pasar di kota palu adalah cluster 1 shampoo Dove, Sunsilk dan Head & Shouders, kemudian di cluster 2 shampoo Rejoice, Emeron dan Zinc.
Tidak tersedia versi lain