Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Zaitun di Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong
ABSTRAKSI
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Simpan (KSP) Zaitun Di Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong
I Wayan Ferdianto (C 201 10 056) di bimbing oleh Bapak H. Chalil, SE., M.Sc, DBA sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Hilda Monoarfa, SE., M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Zaitun Di Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong dilihat dari dimensi kualitas pelayanan yang meliputi; Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Untuk mengelolah data tersebut digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh dimensi Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Zaitun Di Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Pengaruh variabel independen sebesar 52,5% dan signifikan, sisanya 47,5% adalah faktor lain diluar penelitian. Uji secara parsial menunjukan bahwa terdapat satu variabel independen yang tidak memberikan pengaruh yang signifikan yaitu dimensi Jaminan. Juga ditemukan bahwa dimensi yang berpengaruh dominan dan signifikan terhadap tingkat kepuasan anggota, dimensi tersebut adalah daya tanggap (X3), dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 15,9%.
Kata kunci : Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Anggota
Tidak tersedia versi lain