Text
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Hotel Mercure di Kota Palu
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP CITRA HOTEL MERCURE DI KOTA PALU
Nining Fitria. C 201 11 050. Dibimbing oleh Elimawaty Rombe dan Maskuri Sutomo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; (1) pengaruh direct marketing (pemasaran langsung), dan public relations (hubungan masyarakat) terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (2) pengaruh direct marketing (pemasaran langsung) terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (3) pengaruh general advertising (iklan umum) terhadap citra perusahaan Hotel Mercure di Kota Palu; (4) pengaruh sales promotion (promosi penjualan) terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; dan (5) pengaruh public relation (hubungan masyarakat) terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu. jenis penelitia ini kuantitatif dengan pendekatan exsplanatory research. populasi dalam penelitia ini adalah seluruh pelanggan yang menginap di Hotel Mercure Palu yang ditarik menggunakan rumus Roscoe sehingga jumlah sampel berjumlah 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel aksidental (accidental sampling). adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda denga menggunakan pengujian hipotesis berupa uji F dan uji t.
hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) direc marketing (pemasaran langsung), general advertising (iklan umum), sales promotion (promosi penjualan), dan public relations ( hubungan masyarakat)secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (2) direct m arketing (pemasaran langsung) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (3) general advertising (iklan umum)secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (4) sales promotion ( promosi penjualan)secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu; (5) public relations (hubungan masyarakat)secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra Hotel Mercure di Kota Palu.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Citra, Pemasaran langsung, Iklan Umum, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat.
Tidak tersedia versi lain