Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Perjalanan Ibadah Umrah Pada PT. Babussalam Citra Mandiri di Kota Palu
ABSTRAK
Andi Ulul Ilmi, C 201 11 117, Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Perjalanan Ibadah Umrah pada PT. Babussalam Citra Mandiri di Kota Palu, penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ponirin, SE. M. Bus. Ph.D., selaku pembimbing I, dan Rahmat Mubaraq, SE. MM., selaku pembimbing II, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari tangibles (bukti langsung) (X1), reliability (kehandalan) (X2), responsiveness (daya tanggap) (X3), assurance (jaminan) (X4), empathy (empati) (X5) terhadap kepuasan pelanggan (Y) menggunakan jasa perjalanan Ibadah Umrah pada PT. Babussalam Citra Mandiri di Kota Palu.
Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, Teknik penarikan sampel menggunakan metode Systematic Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang merupakan pengguna jasa perjalanan ibadah umrah pada PT. Babussalam Citra Mandiri di Kota Palu, pengambilan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 16.0.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangibles (bukti langsung) (X1), reliability (kehandalan) (X2), responsiveness (daya tanggap) (X3), assurance (jaminan) (X4), empathy (empati) (X5) terhadap kepuasan pelanggan (Y) menggunakan jasa, berpengaruh secara simultan dengan nilai sig sebesar 0.000 yang < 0.05. selanjutnya variabel tangibles (bukti langsung) (X1) dengan nilai sig sebesar 0.001, reliability (kehandalan) (X2) dengan nilai sig sebesar 0.002, responsiveness (daya tanggap) (X3) dengan nilai sig sebesar 0.003, assurance (jaminan) (X4) dengan nilai sig sebesar 0.008, empathy (empati) (X5) dengan nilai sig sebesar 0.001. Nilai dari sig dari variabel-variabel tersebut < 0.05 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa perjalanan Ibadah Umrah pada PT. Babussalam Citra Mandiri di Kota Palu (Y).
Kata Kunci: Tangibles (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) dan Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain