Text
Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kedisiplinan Dosen Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu)
ABSTRAK
Zulfadly, C 301 08 124. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kedisiplinan
Dosen Terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 Fakultas
Ekonomi Universitas Tadulako Palu). Dibimbing Oleh H. Supriadi Laupe selaku
pembimbing I dan Lucyani Meldawati selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Metode
Pembelajaran dan Kedisiplinan dosen, secara simultan dan parsial terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa..
Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan
menggunakan uji F dan uji t untuk pengujian hipotesis. Sampel penelitian ditetapkan
dengan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 85 mahasiswa.
Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran
kuesioner dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dosen dan
kedisiplinan dosen memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa
akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diharapkan pihak pengajar
memperhatikan dengan lebih baik lagi dalam memilih dan menggunakan metode
mengajar yang digunakan saat pelaksanaan proses pembelajaran, serta meningkatkan
kedisiplinan kerja dan mengajar kearah yang jauh lebih baik lagi dari saat ini, agar
mahasiswa merasakan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien. Yang
diharapkan akan memacu dan meningkat prestasi belajar atau IPK (Indeks Prestasi
Komulatif) setiap mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako Palu.
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Kedisiplinan Dosen dan Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain