Text
Pengaruh Zakat Sebagai Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia)
ABSTRAK
Rika Febby Rhamadhani, C 301 11 005. “Pengaruh Zakat sebagai Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia)”. Dibimbing Oleh Nurhayati Haris selaku pembimbing I dan Muliati selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh zakat sebagai corporate social responsibility terhadap kinerja perusahaan pada bank umum syariah di Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari situs masing-masing Bank Umum Syariah di Indonesia yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi berupa dokumen-dokumen dan laporan-laporan keuangan tahunan serta data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode penarikan sampel yaitu dengan purposive sampling dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara zakat perusahaan sebagai corporate social responsibility terhadap kinerja perusahaan pada bank umum syariah di Indonesia.
Saran yang dapat direkomendasikan dalam penelitian ini adalah perusahaan tidak perlu takut mengeluarkan zakat, karena dalam Islam Allah SWT sudah menjamin bahwa zakat yang dikeluarkan tidak akan mengurangi harta dan zakat juga merupakan beban yang dapat dikurangkan untuk penghasilan kena pajak dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah periode penelitian dan jumlah sampel yang lebih besar agar diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat.
Kata kunci: Zakat Perusahaan dan Kinerja Perusahaan
Tidak tersedia versi lain