Text
Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu
ABSTRAKSI
Rismayanti , STAMBUK : C 201 11 100, Judul Penelitian : “Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu”
Pembimbing I : Johnny Tanamal, SE. M.Si
Pembimbing II : Dr. Maskuri Sutomo, SE. M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan nilai fungsional, nilai sosial dan nilai emosional secara serempak dan parsial terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu. Variabel penelitian ini yaitu Nilai Pelanggan (X) yang terdiri dari nilai fungsional, nilai sosial serta nilai emosional. Sedangkan variabel dependen yaitu Loyalitas Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 40 orang dengan teknik purposive sampling dan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variabel independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji-F dan menganalisis pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Nilai Pelanggan yang terdiri atas nilai fungsional, nilai sosial dan nilai emosional secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu; 2). Nilai Fungsional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu; 3). Nilai Sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada swalayan Grand Hero di Kota Palu; dan 4). Nilai Emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada swalayan Grand Hero di Kota Palu.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang penulis berikan untuk pihak produsen agar selalu memberikan nlai emosional secara khusus dan memberikan nilai pelanggan yang baik kepada konsumen agar konsumen semakin loyal berbelanja pada Swalayan Grand Hero di Kota Palu.
Keyword : Nilai Pelanggan, Loyalitas Konsumen, Swalayan Grand Hero.
Tidak tersedia versi lain