Text
Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Kakao di Kecamatan Bungku Utara
ABSTRAK
Safrudin, C. 101 08 052. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Kakao di Kecamatan Bungku Utara. (Armin Muis1, dan Risman2)
Skripsi Jurusan IESP Fakultas Ekonomi, 2015
Pada umumnya petani menyalurkan hasil pertaniannya kepedagang tengkulak karena sebagian petani menginginkan cepatnya kakao dapat dipasarkan agar memperoleh uang tunai. Namun ada sebagian yang menjual komoditinya kepada pedagang pengumpul dengan harga sedikit lebih mahal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap margin pemasaran kakao dari petani ke pedagang tengkulak dan pedagang pengumpul di Kecamatan Bungku Utara. Serta menggunakan analisis saluran dan margin pemasaran, diperoleh hasil yang menunjukkan bahawa:
Pola I : petani pedagang tengkulak pedagang pengumpul pedagang besar.
Pada saluran pola I, nilai efisiensi pemasaran dicapai sebesar 1,27. Untuk menaikan total penjualan sebesar 1 unit diibutuhkan tambahan biaya sebesar 0,0127%. Ratio antara total biaya dan total nilai penjualan menunjukan bahwa terciptanya efisiensi di Kecamatan Bungku Utara.
Pola II : petani pedagang pengumpul pedagang besar
Pada saluran pola II, nilai efisiensi pemasaran dicapai sebesar 2,31. Yang artinya efisiensi mengindikasikan bahwa total biaya yang diperlukan untuk meningkatkan total nilai penjualan semakin rendah. Untuk menaikan total penjualan sebesar 1 unit dibutuhkan tambahan biaya sebesar 0,0231 %. Efisiennya pola pemasaran II, disebabkan total biaya yang dikeluarkan pedagang pengumpul lebih rendah dibandingkan biaya pada pola pemasaran I.
Untuk mendukung pola pemasaran kakao di Kecmatan Bungku Utara, perlu dipertimbangkan sistem kemitraan melalui pola pemasaran II yang melibatkan pedagang tengkulak, sehingga biaya pemasaran yang dikeluarkan petani optimum, serta adanya komitmen pedagang tengkulak untuk menguntungkan petani. Dukungan pemerintah daerah dibutuhkan dalam rangka pengembangan pola pemasaran kakao di Kabupaten Morowali Utara, khususnya Pemerintah Kecamatan Bungku Utara.
Kata Kunci:
Kakao, Saluran atau Pola Pemasaran, Margin Pemasaran, Biaya Pemasaran, efisiensi saluran pemasaran.
Tidak tersedia versi lain