Text
Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap keputusan Konsumen Membeli Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Merk Canon di Kota Palu
ABSTRAK
Moh. Rezsa Kuntara: C 201 11 101, Judul Penelitian: “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Merek Canon di Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen membeli kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Merek Canon di Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen kamera DSLR Canon di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 90 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -2,701 + 0,204 + 0,213 + 0,111 + 0,110 + 0,331 + 0,171 + 0,363 + 0,180
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Kinerja (X1) = 0,204; Fitur (X2) = 0,213; Kehandalan (X3) = 0,111; Kesesuaian (X4) = 0,110; Daya tahan (X5) = 0,331; Kemudahan perbaikan (X6) = 0,171; Estetika (X7) = 0,363; Kualitas yang dipersepsikan (X8) = 0,180,. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa kedelapan variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Kinerja, Fitur, Daya tahan, Kemudahan perbaikan, Estetika, dan Kualitas yang dipersepsikan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-t masing-masing sebesar X1 = 0,009, X2 = 0,021, X5 = 0,000, X6 = 0,006, X7 = 0,000, X8 = 0,003, ≤ α 0,05. Sedangkan Kehandalan dan Kesesuaian secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-t X3 = 0,175, X4 = 0,069 ≥ α 0,05. Nilai R2 sebesar 0,667 dengan demikian ke delapan variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 66,7% sementara sisanya 33,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, DSLR Canon
Tidak tersedia versi lain