Text
Pengaruh Pemehaman Wajib Pajak, Efektifitas Sistem Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Tingakat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Poso)
ABSTRAK
Ardiansyah Nugroho (C 301 10 061), Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Efektifitas Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Perpajakan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak pada kpp pratama kabupaten poso dibimbing oleh Yuldi Mile dan Nurlaela Mapparessa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak, efektifitas sistem perpajakan dan kualitas pelayanan perpajakan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini diharapan dapat memberikan manfaat yaitu : aspek teoritis, aspek prektisi, dan kepada penelitian selanjutnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu suatu metode penelitian yang diadakan untuk memperoleh fakta – fakta di atas permasalahan yang timbul dari beberapa populasi dan menggunakan alat kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan pada wajib pajak orang pribadi di wilayah kabupaten Poso. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji f dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan efektifitas sisitem perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan juga berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Pemahaman wajib pajak, efektifitas sistem perpajaaan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak.
DJP (Direktur Jendral Pajak) memberikan perhatian terus menerus dan mempertahankan kegiatan yang sudah ada agar lebih dapat menigkatkan lagi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Disarankan pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pemanfaatan, penilaian, sistem pengendalian intern.
Kata kunci: Pemahaman Wajib Pajak, Efektifitas Sistem Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak.
Tidak tersedia versi lain