Text
Pengaruh Persepsi Kecerdasan Mahasiswa Terhadap Sikap Etis Dengan Machiavellian Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
ABSTRAK
Yuyuk Haryanti (C 301 11 031). “Pengaruh Persepsi Kecerdasan Mahasiswa terhadap Sikap Etis dengan Machiavellian sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)”. Dibimbing oleh Ridwan dan Ernawaty Usman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi dan pengaruh tidak langsung Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi melalui Machiavellian.
Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yaitu Analisis Jalur (Path Analisys). Periode penelitian adalah tahun 2012 dan tahun 2013. Sampel penelitian ditetapkan dengan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 152 mahasiswa. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data sekunder.
Hasil penelitian adalah kecerdasan emosional secara langsung tidak berpengaruh terhadap sikap etis sedangkan kecerdasan spiritual secara langsung berpengaruh signifikan terhadap sikap etis. Kecerdasan emosional secara tidak langsung melalui machiavellian tidak berpengaruh terhadap sikap etis, sedangkan kecerdasan spiritual secara tidak langsung melalui machiavellian berpengaruh signifikan terhadap sikap etis.
Berdasarkan hasil penelitian, lembaga pendidikan akuntansi disarankan untuk tidak hanya menekankan pendidikan pada kecerdasan intelektual mahasiswa saja akan tetapi juga mempertimbangkan kecerdasan emosional dan khususnya kecerdasan spiritual agar mahasiswa tidak melakukan tindakan yang menyimpang dan bisa bersikap etis.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Machiavellian, Sikap Etis.
Tidak tersedia versi lain