Text
Pengaruh Faktor Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sabun Deterjen Merek Rinso di Kelurahan Layana Indah Kota Palu
ABSTRAKSI
Suriani Labolo, Stambuk : C 201 10 021, Judul Penelitian : “Pengaruh Faktor Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Deterjen Merek Rinso Di Kelurahan Layana Indah Kota Palu”
Pembimbing I : Dr. Maskuri Sutomo
Pembimbing II : Rahmat Mubaraq
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk deterjen merek rinso di kelurahan layana indah kota palu. Baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel independen sebanyak empat (4) variabel yang terdiri dari kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek(X3) dan loyalitas merek (X4), serta keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode analisis yang digunakan untuk melakukan pembuktian hipotesis adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen sehingga apabila variabel ekuitas merek diterapkan secara baik maka keputusan pembelian juga akan meningkat, dengan nilai adjusted R square 0.527, artinya bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 52.7 % dan sisanya sebesar 47.3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dan secara parsial variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan produk sabun deterjen merek rinso.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah menambah berbagai macam produk yang berkualitas dengan harga terjangkau yang ditawarkan kepada konsumen dengan desain yang inovatif sehingga konsumen dapat memilih produk yang diinginkan dan dibutuhkan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Keyword : kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek, Keputusan Konsumen, deterjen merek rinso
Tidak tersedia versi lain