Text
Analisis Kinerja Pelayanan Petugas Askes Terhadap Kepuasan Pasien Asuransi Kesehatan di Rumah Sakit Anutapura Palu
ABSTRAKSI
Ardiansyah, No Stambuk C 101 08 037, Judul Skripsi yaitu Pengaruh Kinerja Pelayanan Petugas ASKES Terhadap Kepuasan Pasien Asuransi Kesehatan di Rumah Sakit Anutapura Palu. “Bimbingan Bapak Drs. Syamsuddin H. M., M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Samuel Yulius Sir, SE ,M. Kes sebagai pembimbing II”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien ASKES di RSU Anutapura Palu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat kinerja petugas ASKES dan pasien ASKES terhadap kualitas pelayanan ASKES di RSU Anutapura Palu. Menggunakan dasar penelitian survey dengan penerapan metode deskriptif untuk menjelaskan kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi dan suatu system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa.
Definisi Oprasional adalah
Kinerja sebagai sebuah hasil (output) dari suatu proses tertentu yang dilakukan oleh seluruh komponen organisasi terhadap sumber-sumber tertentu yang digunakan (input).
Pelayanan adalah sesuatu yang bersifat jasa terhadap orang yang memerlukan pelayanan, baik yang di beri oleh suatu badan(lembaga/instansi) oleh kelompok dan perorangan.
Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian Deskriptif. Tipe penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian suatu kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa.
Berdasarkan hasil penelitian kinerja pelayanan petugas askes RSU palu, responden menyatakan RSU Anutapura berada dalam kategori yang baik, dilihat dari segi kinerja pelayanan petugas, tingkat kebersihan, kerapian dan keteraturan dari sarana dan prasarana pelayanan berada dalam kondisi baik. dimana hal ini dapat dilihat dari hasil persentase dalam tabel tingkat ketersediaan peralatan medis di RSU Anutapura berada dalam kategori Tersedia. sama pula yang dikatakan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana rumah sakit merupakan salah satu faktor keunggulan sebuah rumah sakit dalam pelayanan kesehatan, disamping mendukung kinerja para perawat dan dokter juga memberikan kenyamanan dalam perawatan pasien di rumah sakit.
Tidak tersedia versi lain