Text
Strategi Pengembangan Pemasaran Pada Salon Chiquita di Kota Palu
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN PADA SALON CHIQUITA
DI KOTA PALU
Asni, C201 11 119. Di Bimbing oleh Ponirin, SE.M Bus. Ph.D selaku Pembimbing I dan Wiri Wirastuti, SE. M. Si Pembimbing II.
ABSTRAK
Salon Chiquita merupakan usaha salon yang sudah berdiri cukup lama, yakni sekitar 5 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengelolaan usaha Salon Chiquita, mendeskripsikan kondisi internal dan eksternal usaha Salon Chiquita, merumuskan strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan pada Salon Chiquita. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif analisis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara tertulis. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik bersifat teoritis dan literatur-literatur yang ada.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa pengelolaan usaha Salon Chiquita cukup baik, dan kelemahan yang dimiliki oleh Salon Chiquita yaitu kurangnya usaha pemasaran, jumlah sumber daya manusia yang kurang efektif, dan kurangnya kompetensi sumber daya manusia. Strategi alternatif untuk pengembangan bagi Salon Chiquita merupakan combination strategy (strategi kombinasi), dimana peneliti menganjurkan strategi penetrasi pasar untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek pemasaran, dan menganjurkan beberapa strategi alternatif untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek sumber daya manusia.
Kata Kunci— Lingkungan internal, lingkungan eksternal, analisis SWOT, pengelolaan usaha, strategi alternatif
Tidak tersedia versi lain