Text
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi,dan Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Motor Honda Beat di Kota Palu (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
ABSTRAK
Mahdan: C 201 11 178, Judul Penelitian: “Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Motor Honda Merek Honda BEAT di Kota Palu” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan konsumen untuk membeli motor Honda merek Beat di Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0 Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,882 + 0,236 + 0,284 + 0,469 + 0,218
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Budaya (X1)= 0,021; Sosial(X2)= 0,012; Pribadi (X3)= 0,000; Psikologi (X4)= 0,032;. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa kedelapan variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi yang dipersepsikan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-t masing-masing sebesar X1 = 0,021, X2 = 0,012,X3 = 0,000, X4 = 0,032, =, ≤ α 0,05. dengan demikian ke delapan variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 56,4% sementara sisanya 43,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Motor Honda Merek BEAT.
Tidak tersedia versi lain