Text
Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Matahari Departemen Store di Kota Palu
ABSTRAK
Atika Chairunnisa : C 201 11 081, Judul Penelitian: “Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Matahari Department Store di Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan. terhadap keputusan konsumen berbelanja pada matahari department store di kota palu. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen yang berbelanja pada Matahari Department Store di Kota Palu.
Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa koefisien determinasi berganda (R Square), secara bersama-sama mampu menjelaskan turun naiknya keputusan konsumen sebesar 41,8%.
Dari pengujian model regresi dengan uji F diketahui pula bahwa keseluruhan variabel bebas, memberikan pengaruh simultan yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Dari pengujian model regresi dengan uji t diketahui bahwa semua variabel bebas, secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat keputusan konsumen. Dari pengujian model regresi dengan uji t juga diketahui bahwa variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen adalah variabel keyakinan, karena mempunyai nilai signifikasi yang lebih kecil daripada variabel bebas lainnya.
Kata kunci : motivasi, persepsi, pembelajaran, dan keyakinan.
Tidak tersedia versi lain