Text
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Transmart Carrefour di KOta Palu
ABSTRAKSI
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Pada Transmart Carrefour Di Kota Palu.
Rayana C 201 11 055, di Bimbing oleh ibu Dr. Hilda Monoarfa, SE.,MS.i selaku Pembimbing I dan Suryadi Hadi, SE.,MS.i. Log selaku Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Konsumen berbelanja pada Transmart Carrefour baik secara serempak maupun parsial.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja pada Transmart Carrefour , dengan jumlah seluruhnya 80 orang, yang terdiri dari 29 laki-laki dan 51 perempuan. Pengumpulan data sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun metode yang analisis data yang digunakan, adalah analisis regresi linear berganda (Multiple Linear Regression).
Dari hasil pengujian penelitian yang telah dilakukan bahwa nilai hasil pengujian Sig. F atau probabilitasnya adalah 0.000, yang artinya bahwa jika nilai Sig F (probability) ≤ α = 0.05, maka dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri atas produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan. Untuk pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa yaitu promosi yang telah terbukti berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Transmart Carrefour di Kota Palu.
Berdasarkan persamaan regresi linear berganda di atas, dapat dijelaskan koefisien bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) menunjukkan variabel bauran pemasaran jasa (X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Transmart Carrefour di Kota Palu. Dengan besar R Square (R2) sebesar 0.787 atau 78.7% terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Transmart Carrefour di Kota Palu. Sedangkan sisanya (100% - 78.7% = 21.3%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang di luar dari variabel yang diteliti. Sedangkan tingkat kuat lemahnya keeratan hubungan antara ketujuh variabel bebas terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Transmart Carrefour, dapat dilihat melalui nilai Adjused R Square 0.766 atau sebesar 76.6%.
Kata kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Konsumen, Transmart Carrefour
Tidak tersedia versi lain