Text
Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel OS (Operating System) Android di Kota Palu
ABSTRAKSI
Ahmad Darmawan: C 201 11 073, Judul Penelitian: “Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel OS (Operating System) Android di Kota Palu”. Di bawah bimbingan: Pembimbing I: Bapak Prof. Dr. H. Syamsul Bachri,SE. M.Si dan Pembimbing II: Bapak Drs. Enki P. Nainggolan, M.Sc Agr.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsemen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel OS (Operating System) Android di Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen ponsel OS Android di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -1.116 + 0,273 + 0,139 + 0,338 + 0,548
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Budaya (X1)= 0,0,273; Sosial (X2)= 0,139; Pribadi (X3)= 0,111; Psikologis (X4)= 0,548. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-tmasing-masing sebesar X1 = 0,25, X2 = 0,44,X3 = 0,14, X4 = 0,000 ≤ α 0,05. Nilai R2 sebesar 0,845 dengan demikian ke empat variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 84,5% sementara sisanya 15,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Perilaku konsumen dan Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain