Text
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Mobil Merek Toyota Avanza di Kota Palu (Studi pada PT. Hadji Kalla Palu)
ABSTRAKSI
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Mobil Merek Toyota Avanza Di Kota Palu (studi pada PT. Hadji Kalla)
Minarni Naser C 201 11 044, di Bimbing oleh ibu Wahyuningsih, SE. MSc, Ph.D selaku pembimbing I dan Rahmat Mubaraq, SE. MM selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan konsumen membeli mobil merek Toyota Avanza di Kota Palu baik secara simultan maupun parsial. Sampel dalam penelitian ini, adalah seluruh konsumen yang membeli mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Palu, dengan jumlah seluruhnya 60 orang, yang terdiri dari 38 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda (Multiple Linear Regresion). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa nilai hasil pengujian sig F atau probabilitasnya adalah 0.000, yang artinya bahwa jika nilai sig F (probability) ≤ α = 0.05, maka bisa diketahui bahwa variabel citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai serta citra produk berpengaruh signifikan. Untuk pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel citra merek yaitu citra pemakai yang telah terbukti berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen membeli mobil merek Toyota Avanza di Kota Palu. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda diatas, dapat dijelaskan koefisien citra merek (citra perusahaan, citra pemakai, citra produk) menunjukan variabel citra merek (X1, X2, dan X3) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli mobil Toyota Avanza di Kota Palu. Dengan pengaruh R Square (R²) sebesar 0.516 atau 51.6 % terhadap keputusan konsumen membeli mobil Toyota Avanza di Kota Palu. Sedangkan sisanya (100 % - 51.6 % = 48.4 %) di jelaskan oleh sebab-sebab yang diluar dari variabel yang diteliti. Sedangkan tingkat kuat lemahnya keeratan hubungan antara ketiga variabel bebas terhadap keputusan membeli mobil merek Toyota Avanza, dapat dilihat melalui nilai Adjused R Square sebesar 0.490 atau sebesar 49 %.
Kata kunci : citra perusahaan, citra pemakai, citra produk dan keputusan konsumen
Tidak tersedia versi lain