Text
Pengaruh Kualitas Layanan PT. Astra Agro Lestari Terhadap Kepuasan Petani Plasma Kelapa Sawit di Kelurahan Martajaya
Pengaruh Kualitas Layanan PT. Astra Agro Lestari Terhadap Kepuasan Petani Plasma Kelapa Sawit Di Keluran Martajaya
NI WAYAN DEWI ERAWATI, C 201 11 011 dibimbing oleh :
Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Syamsul Bachri, SE., M.Si.
Pembimbing 2 : Adfiyani Fadjar, SE.M.SI.MIB
ABSTRAKSI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan PT. Astra Agro Lestari terhadap kepuasan petani plasma kelapa sawit di Kelurahan Martajaya. Adapun variabel yang digunakan adalah variabel Kualitas Layanan (X) diukur dari Dimensi Bukti Fisik (X1), Dimensi Kehandalan (X2), Dimensi Daya tanggap (X3), Dimensi Jaminan (X4), dan Dimensi Empati (X5), serta variabel Kepuasan Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel sebesar 76 responden, dan teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling, yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda pada software SPSS 16.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa Dimensi Bukti Fisik (X1), Dimensi Kehandalan (X2), Dimensi Daya tanggap (X3), Dimensi Jaminan (X4), dan Dimensi Empati (X5) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan petani plasma di Kelurahan Martajaya, dengan nilai signifikan 0.000 dibawah < 0.05. Selanjutnya dimensi bukti fisik (X1) dengan nilai sig sebesar 0,011, dimensi kehandalan (X2) = 0,032 Dimensi daya tanggap (X3) = 0,006. dimensi jaminan (X4) = 0,012, dan Dimensi Empati (X5) = 0,000. nilai dari sig dimensi dimensi tersebut < 0.05 yang berarti secara parsial berpegaruh terhadap kepuasan petani plasma di Kelurahan Martajaya.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasaan Konsumen, Petani Plasma Kelapa Sawit
Tidak tersedia versi lain