Text
Pengaruh Kualitas Layanan Tehadap Kepuasan Konsumen Menginap Pada Hotel Citra Mulia di KOta Palu
ABSTRAK
Shesy Angreny, C 201 11 115, Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Menginap pada Hotel Citra Mulia di Kota Palu, penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Maskuri Sutomo, SE. M.Si selaku Pembimbing I, Moh. Ali Murad, SE M.Si selaku pembimbing II, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y) yang menginap di Hotel Citra Mulia di Kota Palu.
Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 16.0.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y) menginap pada Hotel Citra Mulia di Kota Palu, berpengaruh secara simultan dengan nilai signifikan sebesar 0.000 yang < α 0.05. Selanjutnya variabel tangibles (X1) dengan nilai signifikan sebesar 0.000, reliability (X2), dengan nilai signifikan sebesar 0.000, responsiveness (X3) dengan nilai signifikan sebesar 0.030, empathy (X5) dengan nilai signifikan sebesar 0.045. Nilai signifikan dari variabel-variabel tersebut < α 0.05 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang menginap pada Hotel Citra Mulia di Kota Palu (Y). Sedangkan variabel assurance (X4) dengan nilai signifikan 0.372 yang memiliki nilai > α 0.05 maka variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Respon siveness, Assurance, Empathy dan Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain