Text
Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Terminologi Dasar Akuntansi
ABSTRAK
Nur Aqshon S. Rijal (C 301 09 076), Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Terminologi Dasar Akuntansi, dibimbing oleh Muhammad Natsir dan Muhammad Ilham Pakawaru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan pemahaman terhadap terminologi dasar akuntansi antara mahasiswa yang berasal dari SMK, SMA dan MA. Penelitian dilakukan terhadap 90 mahasiwa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Universitas Tadulako yang terdaftar sebagai mahasiwa yang telah mengikuti mata kuliah pengantar akuntansi 1 dan pengantar akuntansi 2. Terminologi dasar akuntansi yang dijadikan variabel dalam penelitian ini yaitu: Aset, Liabilitas dan Ekuitas.
Jenis penelitian ini adalah survey yang menggunakan data primer dan data sekunder didapatkan melalui wawacara, observasi, dan kuesioneryang diperoleh dari Perguruan Tinggi Universitas Tadulako. Metode analisis yang digunakan adalah metode uji bedakruskal wallis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada variabel asset dan liabilitas, namun terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman tentang ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMK, SMA dan MA.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada mahasiswa agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang terminologi dasar akuntansi terutama mahasiswa yang berasal dari SMA dan MA sehingga dapat mempermudah untuk mengetahui mata kuliah lanjutan.
Kata kunci: Aset, liabilias, ekuitas, mahasiswa yang berasal dari SMK, mahasiswa yang berasal dari SMA dan mahasiswa yang berasal dari MA.
Tidak tersedia versi lain