Text
PENGARUH BAURAN PROMOSI RUMAH MAKAN KASUANG TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI KOTA PALU
ABSTRAKSI
PENGARUH BAURAN PROMOSI RUMAH MAKAN KASUANG TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI KOTA PALU
IGNASIUS N.M TOBY, C 201 11 049, dibimbing oleh: Pembimbing (1) Dr. Elimawaty Rombe, S.E., M.Si, dan Pembimbing (2) Drs. Enki P. Nainggolan, M.Sc. Agr.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Hubungan Masyarakat (X3), Pemasaran dari Mulut ke Mulut (X4), dan Penjualan Pribadi (X5), terhadap Loyalitas Konsumen (Y) memilih Rumah Makan Kasuang di Kota Palu.
Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang makan atau minum di Rumah Makan Kasuang. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS For Windows Release 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Hubungan Masyarakat (X3), Pemasaran dari Mulut ke Mulut (X4), dan Penjualan Pribadi (X5), terhadap Loyalitas Konsumen (Y) berpengaruh secara simultan dengan nilai sig sebesar 0,000 < α = 0,05. Selanjutnya variabel Periklanan (X1) dengan nilai sig sebesar 0,022, Promosi Penjualan (X2) dengan nilai sig sebesar 0,001, Hubungan Masyarakat (X3) dengan nilai sig sebesar 0,004, Pemasaran dari Mulut ke Mulut (X4) dengan nilai sig sebesar 0,028, dan Penjualan Pribadi (X5) dengan nilai sig sebesar 0,001. Nilai sig dari kelima variabel tersebut < α = 0,05, yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen (Y).
Kata Kunci : Bauran Promosi dan Loyalitas Konsumen
Tidak tersedia versi lain