Text
Pengaruh Teknologi Informasi dan E-Filling Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu
ABSTRAK
NOVITA SARI, C 301 12 122. Pengaruh Teknologi Informasi dan E-Filling Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu. Dibimbing oleh Muh.Darma Halwi selaku pembimbing I dan Rahma Masdar selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknologi Informasi dan E-Filling baik secara parsial maupun secara simultan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Metode penelitian menggunakan riset survey. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang merupakan pegawai tetap dan pengguna e-filling yang terdaftar di KPP Pratama Palu dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program statistik SPSS versi 21.0.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa teknologi informasi dan e-filling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian dengan uji f (simultan), diketahui bahwa variabel teknologi informasi dan e-filling dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Untuk hasil uji t (parsial), variabel teknologi informasi dan e-filling berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wajib pajak.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat direkomendasikan yaitu perlu meningkatkan kualitas teknologi informasi dengan meng-upgrade basis data agar mampu menyimpan data dengan jumlah yang besar dan memperbaiki kualitas e-filling serta melakukan sosialisasi kepada wajib pajak tentang e-filling sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kepuasan wajib pajak.
Kata Kunci:Teknologi Informasi, E-Filling, Kepuasan Wajib Pajak
Tidak tersedia versi lain