Text
Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Smartphone Merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD)
ABSTRAKSI
ADIEL MANDALA PUTRA, STAMBUK : C 201 09 029, Judul Penelitian : “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Smartphone Merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD)”
Pembimbing I : Dr. Maskuri Sutomo, SE. M.Si
Pembimbing II : Muzakir, SE. M.Si
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Atribut Produk yang terdiri dari kualitas produk, fitur, desain, dan merek secara serempak dan parsial terhadap keputusan konsumen menggunakan smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD). Variabel penelitian ini yaitu Atribut produk (X) yang terdiri dari kualitas produk, fitur, desain, serta merek. Sedangkan variabel dependen yaitu Keputusan Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 50 orang dengan teknik purposive sampling dan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variabel independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji-F dan menganalisis pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Variabel Atribut Produk yang terdiri atas Kualitas Produk, Fitur, Desain, dan Merek secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD); 2). Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD); 3). Fitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD); 4). Desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD) dan 5). Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli smartphone merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAD)
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang penulis berikan untuk pihak produsen produk smartphone merek Samsung Galaxy Series diharapkan di masa mendatang untuk terus melakukan inovasi produk yang di sesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen dan kebutuhan mahasiswa secara khusus sehingga mampu menarik minat konsumen dalam memutuskan membeli smartphone merek iPhone.
Keyword : Atribut Produk, Keputusan Konsumen, iPhone
Tidak tersedia versi lain