Text
ANALISIS PERBEDAAN SEGMENTASI PASAR PADA HAPPY BREAD DAN COCO BAKERY DI KOTA PALU
ABSTRAKSI
“ANALISIS PERBEDAAN SEGMENTASI PASAR PADA HAPPY BREAD DAN COCO BAKERY DI KOTA PALU”.
Nama RAHMIATI S.PAKAYA, Nomor Stambuk C 201 12 088, dibimbing oleh ibu ROSIDA P.ADAM dan bapak MOH. ALI MURAD.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan segmentasi pasar pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery di Kota Palu. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer tersebut diperoleh dari tanggapan 90 responden.
Objek pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Palu yang sering berbelanja pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery yang memenuhi persyaratan dengan jumlah responden sebanyak 90 orang dengan teknik Judgment dan Quota Sampling, dengan metode Analisis Statistik Parametrik T-tes dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 22,0.
Berdasarkan hasil pembahasan skripsi dapat dikemukakan hasil-hasil penelitian adalah dimana segmentasi pasar pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery berdasarkan variabel Geografis adalah masyarakat Kota Palu yang tinggal di kawasan yang memiliki akses transportasi. Segmentasi pasar pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery berdasarkan variabel Demografis adalah masyarakat Kota Palu yang berumur antara 17-35 Tahun, didominasi oleh kaum Wanita, dengan pekerjaan Wiraswasta dan Pelajar/ Mahasiswa, tingkat pendapatan rata-rata antara > Rp 500.000 – Rp 2.000.000 perbulan.
Segmentasi pasar pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery berdasarkan variabel Psikografis adalah masyarakat Kota Palu yang memiliki tingkat sosial kelas atas, yang memiliki tred gaya hidup mengikuti mode sederhana dan memiliki tipe kepriabdian suka berteman. Segmentasi pasar pada toko roti Happy Bread dan Coco Bakery berdasarkan variabel Perilaku adalah masyarakat Kota Palu yang memiliki tingkat kepuasaan yang tinggi, mencari manfaat yang sudah terpenuhi, memiliki sikap positif terhadap produk yang dibeli dan mempertimbangkan kualitas rasa dalam membeli produk di toko roti Happy Bread dan Coco Bakery.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan segmentasi pasar yang terdiri dari variabel Geografis, Demografis, Psikografis, dan Perilaku yang diterapkan antara Toko Roti Happy Bread dan Coco Bakery.
Kata kunci : Segmentasi Pasar, Toko Roti
Tidak tersedia versi lain