Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUD MOROWALI DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri atas Bukti Fisik, Empaty, Kehandalan, Daya Tanggap dan Jaminan terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSUD Morowali Di Kecamatan Bungku Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Kualitas Pelayanan yang terdiri atas BuktiFisik, Empathy, Kehandalan, Daya Tanggap dan Jaminan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSUD Morowali Di Kecamatan Bungku Tengah. Dari permasalahan di atas, di ajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri atas Bukti Fisik, Empathy, Kehandalan, Daya Tanggap dan Jaminan secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSUD Morowali Di Kecamatan Bungku Tengah. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan alat analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara simultan ternyata kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RSUD Morowali di Kecamatan Bungku Tengah, dengan nilai uji F-hitung sebesar 26.911 atau Sig. F = 0,000a< 0,05. Sedangkan secara parsial dari ke 5 (lima) variabel tersebut ternyata ada 3 (tiga) variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel bukti fisik, empaty dan daya tanggap. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah variabel kehandalan (nilai t = 3.514 dan nilai koefisien regresi = 0,288 atau 28,8%). Selain itu, kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,630 atau 63% dan sisanya 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien
Tidak tersedia versi lain