Text
PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JASA TELKOMSEL DI KOTA PALU
ABSTRAKSI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Perceived Value yang terdiri dari Emotional Value, Social Value, Quality/Perfomance Value, dan Price/Value Of Money secara serempak dan parsial terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu. Variabel independen yaitu Perceived Value (X) yang terdiri dari Emotional Value, Social Value, Quality/Perfomance Value, dan Price/Value Of Money. Sedangkan variabel dependen yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal dengan jumlah sampel 50 orang dengan teknik Purposive Sampling dan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program computer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variabel independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji F dan menganalisi pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Perceived Value yang terdiri dari Emotional Value, Social Value, Quality/Perfomance Value, dan Price/Value Of Money secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu; 2). Emotional Value secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu; 3). Social Value secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu; 4). Quality/Perfomance Value secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu; 5). Price/Value of Money secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan jasa Telkomsel di Kota Palu.
Keyword : Perceived Value, Emotional Value, Social Value, Quality/Perfomance Value, Price/Value Of Money, Loyalitas Pelanggan
Tidak tersedia versi lain