Text
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako)
ABSTRAK
Faraditah Nurzanah Putri, C 301 09 136. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako)”, dibimbing oleh Abdul Pattawe dan Mustamin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar kecerdasan emosional dan latar belakang pendidikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako)”. Kegunaan penelitian menambah pengetahuan tentang konsep dan fungsi kecerdasan emosional, latar belakang pendidikan dalam meningkatkan tingkat pemahaman akuntansi.
Metode penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan dengan teknik pengambilan sampelnya dengan metode Slovin dan diperoleh 74 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder data primer.
Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai adjusted R square diperoleh nilai sebesar 0,906 atau 90,6%, nilai tersebut menunjukan besarnya pengaruh variabel independent secara keseluruhan adalah 90,6% sedangkan sisanya 19,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti minat baca dan faktor lingkungan.
Saran - saran dalam penelitian ini adalah: (1) pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor lingkungan dll. (2) Untuk mahasiswa agar selalu sadar akan diri sendiri bahwa belajar merupakan hal utama jika ingin mencapai prestasi yang baik kesadaran diri merupakan bagian dari indikator kecerdasan emosional.
Kata kunci : Kecerdasan emosional, Latar belakang pendidikan, dan Tingkat pemahaman akuntansi.
Tidak tersedia versi lain