Text
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA DAN GETOK TULAR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI HELM MEREK GM (GENERAL MOTOR) (Studi Kasus Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
ABSTRAKSI
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA DAN GETOK TULAR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI HELM MEREK GM (GENERAL MOTOR)
(Studi Kasus Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
Hajar Azwad, C 201 12 352, dibimbing oleh:
Pembimbing I : Dr. Elimawaty Rombe, SE., M.Si
Pembimbing II : Wahyuningsih, SE., M.Sc., Ph.D
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Atribut Produk (X1), Harga (X2) dan Getok Tular (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) helm merek GM (General Motor). Studi kasus pada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako di Kota Palu. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal, menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling, dengan jumlah sampel 120 orang responden yang merupakan pengguna helm merek GM (General Motor) sekaligus berstatus sebagai mahasiswa dan mahasiswi pada Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu. Kuesioner diolah dengan menggunakan alat analisis Regresi Linear Berganda dengan komputer program statistik SPSS For Windows Release 16.0
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk (X1) yang terdiri dari: (merek, kualitas produk, label dan desain), Harga (X2) yang terdiri dari: (keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, kesesuaian harga dengan tipe produk, daya saing harga) dan Getok Tular (X3) yang terdiri dari: (mengatakan hal-hal positif, merekomendasikan, memberikan dorongan) terhadap Keputusan Konsumen (Y) berpengaruh secara simultan (serempak) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < α = 0,05. Selanjutnya variabel Atribut Produk (X1) dengan nilai Sig sebesar 0,001, variabel Harga (X2) dengan nilai Sig sebesar 0,041, dan variabel Getok Tular (X3) dengan nilai Sig sebesar 0,004. Nilai Sig dari ketiga variabel tersebut < α = 0,05, yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen (Y).
Kata Kunci: Atribut Produk, Harga, Getok Tular dan Keputusan Konsumen
Tidak tersedia versi lain