Text
PENGARUH PENGENDALIAN DIRI, MINAT BELAJAR DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO )
ABSTRAK
Rizky Daning Triswiena, C 301 12 109. “Pengaruh Pengendalian Diri, Minat Belajar dan Budaya Akademik terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Dibimbing oleh Nurhayati Haris selaku pembimbing I dan Sugianto selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengendalian diri, minat belajar dan budaya akademik secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, pengendalian diri, minat belajar dan budaya akademik berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako. Pengendalian diri secara parsial tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Minat belajar secara parsial berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Budaya Akademik secara parsial berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti motivasi, lingkungan dan fasilitas belajar, serta profesionalisme dosen dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Pengendalian Diri, Minat Belajar dan Budaya Akademik terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.
Tidak tersedia versi lain