Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENABUNG DI BRI KCP MOROWALI
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENABUNG DI BRI KCP MOROWALI.
MARDEWI, Nim : C201 12 324, Di bombing oleh Wahyuningsih, SE.,M. Sc, Ph. D, dan Farid, SE., MM.
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah menabung di BRI KCP Morowali.Permasalahan yang diangkat adalah apakah terdapat pengaruh variabel kualitas layanan yang terdiri : tangible, empathy, responsiveness, reliability, dan assurance secara serempak maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kepuasan nasabah meabung di BRI KCP Morowali.
Dari permasalahan diatas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh variabel kualitas layanan yang terdiri :tangible, empathy, responsiveness, reliability, dan assurance secara serempak maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di BRI KCP Morowali.Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung di BRI KCP Morowali.
Penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu siapapun yang kebetulan ditemui dilokasi penelitian langsung ditetapkan sebagai sampel jika kebetulan yang ditemui cocok sebagai sumber data. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode pembagian kuesioner dan wawancara.Untuk membuktikan hipotesis secara serempak penulis menggunakan alat uji F sedangkanuntukmembuktikanmasing-masing hipotesis variable penulis menggunakan alat uji t.
Sedangkan hasil pengujian dengan menggunakanuji t, diperoleh nilai (t sig ) dari masing-masing variabel yaitu bukti fisik (0,033), empati (0,023), daya tanggap (0,001), kehandalan (0,044), dan jaminan (0,380) dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa dari uraian di atas maka kelima variabel yang diteliti masing-masing mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu kepuasan nasabah menabung di BRI KCP Morowali.
Kata Kunci : Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah
Tidak tersedia versi lain