Text
Analisis Pengaruh Kepuasan, Penanganan Keluhan, dan Rintangan Beralih Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah
ABSTRAK
Nur Ramadhan, Stambuk C 201 12 300, judul penelitian “Analisis Pengaruh Kepuasan, Penanganan Keluhan, dan Rintangan Beralih Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Johnny Tanamal, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Nirwan, SE., M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh: 1. Variabel kepuasan, penanganan keluhan, dan rintangan beralih secara serempak terhadap loyalitas nasabah pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah. 2. Variabel kepuasan secara parsial signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah. 3. Variabel penanganan keluhan secara parsial terhadap loyalitas nasabah pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah. 4. Variabel rintangan beralih secara parsial terhadap loyalitas nasabah pada BRI KCP Morowali di Kecamatan Bungku Tengah. Penelitian ini adalah penelitian verifikatif. Populasi berjumlah 13.051 nasabah dengan jumlah sampel 99 nasabah melalui teknik Non Probability Sampling. Teknik analisis data adalah menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan nasabah, penanganan keluhan nasabah, dan rintangan beralih nasabah secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI KCP Morowali. Variabel kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah nasabah BRI KCP Morowali. Variabel penanganan keluhan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah nasabah BRI KCP Morowali. Variabel rintangan beralih nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah nasabah BRI KCP Morowali.
Kata Kunci: Kepuasan, Penanganan Keluhan, Rintangan Beralih, Loyalitas Nasabah
Tidak tersedia versi lain