Text
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Kopi Arang Pada Warung Kopi Bamboe di Kota Palu
ABSTRAK
Giat Erwanda E.T : C 201 11 141, Judul Penelitian: “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Kopi Arang Pada Warung Kopi Bamboe di Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Kopi Arang Pada Warung Kopi Bamboe di Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada yang mengkonsumsi kopi pada Warung Kopi Bamboe di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 96 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa ketujuh variabel independen yang diteliti terbukti secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, dan Tampilan Fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel Proses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai sig-t X7 = 0,399, X4 ≥ α 0,05. Nilai R2 sebesar 0,627 dengan demikian ketujuh variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 62,7% sementara sisanya 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Bauran Pemasaran, Kopi Arang
Tidak tersedia versi lain