Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WARUNG KOPI (WARKOP) SIKAMALI KOTA PALU
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN
WARUNG KOPI (WARKOP) SIKAMALi KOTA PALU
Moh. Dewo A Thamrin , C 201 12 080. Di bimbing oleh Prof. Dr. Symsul Bachri, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Rahmat Mubaraq, SE., MM selaku pembimbing II.
ABSTRAK
Warung Kopi Sikamali merupakan sebuah usaha warung kopi yang sudah berdiri cukup lama, yakni sekitar 7 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki Warung Kopi Sikamali dan juga untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat di pakai oleh Warung Kopi Sikamali. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern warkop dalam iklim persaingan yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama.
Analisis SWOT mencakup lingkungan ekstern dan lingkungan intern. Analisis lingkungan adalah suatu proses yang digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Didalam analisis SWOT ini akan digunakan pendekatan secara kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif.
Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapatdisesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki perusahaan tersebut. Matrik dapat menghasilhan empat set kemungkinan alternatif strategi. Dengan menggunakan analisa SWOT dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif stategi ST, WT, SO dan WO.
Tidak tersedia versi lain