Text
Analisis Pemanfaatan Transaksi Non-Tunai Pada Pusat-Pusat Perbelanjaan di Kota Palu
ABSTRAK
DEDE SAHIDIN C 101 11 029, Analisis Pemanfaatan Transaksi Non-Tunai Pada Pusat-Pusat Perbelanjaan di Kota Palu. Yang dibimbing oleh Pembimbing I. Haerul Anam dan Pembimbing II. Nudiatulhuda Mangun
Penelitian ini pada hakekatnya mempunyai tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat terhadap pemanfatan instrumen transaksi pembayaran non-tunai di Kota Palu. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa data kuesioner dan wawancara yang diteliti pada masyarakat di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi Preferensi Dan Perilaku yang ditunjukan masyarakat terhadap pemanfaatan produk bank di Kota Palu bisa dikatakan cukup baik hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian pengenalan produk bank di masyarakat sebagian besar masyarakat mengenal kartu debit (77%) dan yang kurang dikenal kartu kredit (23%) kemudian pemanfaatan produk bank mayoritas masyarakat memanfaatkan tabungan (59%), Kredit (36%) dan Deposito (5%) setelah itu jenis transaksi yang dilakukan masyarakat yang dominan yaitu: Penarikan Tunai (27%), Transfer (22%) Belanja (20%), dan jenis transaksi yang kurang dominan yaitu : Sms Banking (9%), Pembayaran Listrik (8%), Internet banking (6%) Pembayaran Telpon Rumah (3%) Pembayaran Pinjaman (2%), Pembelian Vocher Pulsa (2%) dan Pembayaran PAM (1%). Artinya bahwa masyarakat di Kota Palu sudah mampu mengadopsi trend pemanfaatan transaksi non-tunai, dan terbuka akan perkembangan produk bank jenis kartu debit dan kredit ditandai dengan masyarakat terjun langsung dalam mendapatkan dan memanfaat alat pembayaran non tunai (2) Sebagian besar masyarakat kota palu sudah memanfaatkan alat pembayaran non tunai pada saat berbelanja yang terbagi dibeberapa pusat perbelanjaan di Kota Palu dari hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas masyarakat berbelanja di Mall matahari (26%), Mall Tatura (20%), Mall Sis Al Jufri (18%), BNS Mart (15%), Hyper Mart (13%) dan Masyarakat Yang Tidak Memanfaatkan alat pembayaran non tunai saat berbelanja (8%).(3) Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi mayarakat dalam memanfaatkan instrumen pembayaran non tunai di Kota Palu dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada 8 (delapan) faktor yang riil atau nyata memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Palu faktor tersebut adalah Kemudahan (36%) Keamanan Dan Privasi (18%), Tabungan (15%), Kecepatan Transaksi (13%), Kenyamanan (8%), Sumber Informasi(5%), Pekerjaan (3%)dan Teknologi (2 %)
Kata Kunci: Transaksi non-tunai, Pusat Perbelanjaan
Tidak tersedia versi lain