Text
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK OLI “PRIMA XP” PADA PT PERTAMINA (PERSERO) DI KOTA PALU
ABSTRAK
Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan produk Oli “Prima XP” Pada PT Pertamina (Persero) di Kota Palu. Dibimbing oleh Bapak Suardi, selaku Pembimbing I, dan Bapak Nirwan selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen menggunakan produk oli Prima XP Pada PT Pertamina (Persero) di Kota Palu. Loyalitas konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan membentuk citra merek yang baik di mata konsumen. Varibel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel Citra Merek (X) yang terdiri dari, Citra Pembuat (X1), Citra pemakai (X2), dan Citra Produk (X3) serta pengaruhnya terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y). Sampel dalam Penelitian ini adalah pemilik dan pengguna mobil dengan kriteria yang sudah ditentukan dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yakni menganalisis adanya pengaruh antara variable X1,X2,X3 terhadap variable Y menggunakan analisi regresi linear berganda dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t.
Hasil penelitian disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel citra merek yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara bersama - sama (simultan - uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel loyalitas konsumen. Berdasarkan uji t, citra pembuat berpengaruh negatif dan tidak signifikan (fluktuatif) terhadap loyalitas konsumen, citra pemakai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan citra produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,704, hal tersebut berarti bahwa 70,4% variabel loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh variabel independennya, yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk, sedangkan sisanya sebesar 29,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Citra Merek, Loyalitas Konsumen.
Tidak tersedia versi lain