Text
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA PRODUK GATSBY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO PALU)
ABSTRAKSI
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK
PADA PENGGUNA PRODUK GATSBY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO PALU)
Andi Nur Tamami, C 201 11 063, di bimbing oleh:
Pembimbing I : Dr. Elimawaty Rombe, SE, M.Si
Pembimbing II : Dr. Harifuddin Thahir, SE, MP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek produk Gatsby di Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu. Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen pengguna produk Gatsby di Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 48 responden berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas merek dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa variabel kepercayaan merek yang terdiri dari karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen dengan merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dengan nilai sig-t masing-masing sebesar X1 = 0,031, X2 = 0,026,X3 = 0,019, ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai R2 sebesar 0,572 dengan demikian ke lima variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (loyalitas merek) sebesar 57,2% sementara sisanya 42,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Kepercayaan merek, Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen dengan Merek, Loyalitas Merek, Gatsby.
Tidak tersedia versi lain