Text
Segmentasi Psikografis Pasar Kafe di Kota Palu
ABSTRAK
Annisa Sayidina Masyitah, nomor stambuk C 201 11 090, “Segmentasi Psikografis Pasar Kafe di Kota Palu”, penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Ponirin,SE.M.Bus.Ph.D selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Farid, SE., MM selaku Dosen Pembimbing II. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar yang terbentuk berdasarkan faktor psikografis dalam pasar Kafe di Kota Palu. Penetapan besar sampel berdasarkan rumus Simamora dan besar rumus adalah 175 orang responden dari Konsumen yang berkunjung pada Kafe di Kota Palu yang ditarik menggunakan teknik Judgement dan Kuota Sampling. Permasalahan dalam penelitian ini di jawab dan diuji dengan menggunakan Analisis Kluster (Cluster).
Penelitian ini bersifat deskriptif maka hasil yang didapatkan berdasarkan segmentasi pada umumnya yaitu dapat dicirikan pada jenis kelamin yang kebanyakan responden yang berkunjung pada Kafe di Kota Palu berjenis kelamin perempuan 95 orang, sedangkan laki-laki hanya 80 orang dari 175 responden. Usia responden terbanyak yaitu 26-35 tahun 72 orang, dengan pendidikan terakhir responden kebanyakan Sarjana S1 79 orang, pada umumnya pekerjaan yang mendominasi adalah pekerjaan lainnya sebanyak 61 orang, dan tingkat pendapatan sebagian besar berjumlah Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000/bulan 64 orang, serta frekuensi kunjungan responden 5 kali perminggu sebanyak 56 responden.
Berdasakan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa ada beberapa kafe yang mampu bertahan dalam persaingan industry di lihat dari pendekatan sistem VALS yaitu Innovators, Thinkers, Achievers, Experincers, Believers, Strivers, Makers, dan Survivors“ yang telah di kembangan oleh Arnold Mitchell dari SRI (Stanford Research Institute)yang didasarkan pada teori motivasi Maslow dan pengembangan psikologi”
Kata Kunci : Segmentasi pasar kafe, Psikografis.
Tidak tersedia versi lain