Text
Pengaruh Self Efficacy Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Si Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako
ABSTRAK
Rolind Christantttie Anjeline Taudu, C 301 11 049. “Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi SI Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako”. Dibimbing oleh Chalarce Totanan dan Yuldi Mile.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan self efficacy dan lingkungan teman sebaya sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 106 responden dan metode analisis data analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan, self efficacy dan lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi SI Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu objek dalam penelitian ini hanya pada mahasiswa akuntansi angkatan 2013, sehingga jumlah responden masih belum dapat menggambarkan mahasiswa akuntansi secara keseluruhan, variabel independen yang diteliti juga terbatas pada self efficacy dan lingkungan teman sebaya, hasil yang berbeda mungkin terjadi jika melibatkan variabel lainnya. Selain itu, instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini hanya menggunakan kuesioner, sehingga kesimpulan yang dapat diambil hanya berdasarkan pada data yang dikumpulkan melalui kuesioner tersebut, kemungkinan adanya perbedaan di antara responden maupun kenyataan yang sebenarnya.
Kata Kunci: Self Efficacy, Lingkungan Teman Sebaya, dan Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain