Text
Pengaruh Citra Hotel Terhadap Keputusan Pelanggan Menginap Di Hotel Sutan Raja Di Kota Palu
ABSTRAK
Sandra Dian Lestari: C 201 11 097, Judul Penelitian: “Pengaruh Citra Hotel Terhadap Keputusan Pelanggan Menginap di Hotel Sutan Raja di Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra hotel terhadap keputusan pelanggan menginap di Hotel Sutan Raja di Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen Sutan Raja Hotel di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 60 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -2,481 + 0,441 + 0,261 + 0,224 + 0,192 + 0,472
Dimana variabel Keputusan Pelanggan (Y), Identitas Perusahaan (X1)= 0,441; Reputasi (X2)= 0,261; Jasa yang ditawarkan (X3)= 0,224; Lingkungan Fisik (X4)= 0,192; Kontak Personil (X5)= 0,472. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa kedelapan variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Identitas Perusahaan, Reputasi, Jasa yang ditawarkan, Lingkungan Fisik dan Kontak Personil secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan dengan nilai sig-tmasing-masing sebesar X1 = 0,001, X2 = 0,021 ,X3 = 0,027, X4 = 0,037, X5 = 0,003. NilaiR2 sebesar 0,659 dengan demikian kelima variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 65,9% sementara sisanya 34,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Keputusan Pelanggan dan Citra Hotel
Tidak tersedia versi lain