Text
Pengaruh Buaran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Salon Hi. Robin Van Dervin
ABSTRAKSI
MUHAIDA, STAMBUK : C 201 09 022, Judul Penelitian : “Pengaruh Buaran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Salon Hi. Robin Van Dervin” (Study Kasus Di Desa Tada Selatan Kec. Tinombo Selatan Kab. Parigi Moutong)
Pembimbing I : Dr. Rosida P .Adam SE., MP
Pembimbing II : Farid SE., MM
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), tampilan fisik (X6) dan Proses (X7) secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen (Y) menggunakan jasa salon Hi. Robin Van Dervin Di Desa Tada
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Desa Tada yang pernah mengunakan jasa Salon Hi. Robin Van Dervin. Tehnik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variabel independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji-F dan menganalisis pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel bauran pemasaran jasa (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), tampilan fisik (X6) dan Proses (X7) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa salon Hi. Robin di Desa Tada dengan nilai signifikan 0.000 dibawah< 0.05. Dari hasil pengujian secara parsial ditemukan bahwa variabel buran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1) = 0.019, harga (X2) = 0.019, tempat (X3) = 0.040, jasa untuk promosi (X4) = 0.035, orang (X5) = 0.027 tampilan fisik (X6) = 0.000 dan proses (X7) = 0.009, berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang penulis berikan untuk pihak Salon diharapkan di masa mendatang untuk terus melakukan inovasi produk dan lebih meningkatkan pelayanan yang di sesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen sehingga mampu membuat konsumen merasa puas.
Keyword : Bauran Pemasaran Jasa , Keputusan Konsumen
Tidak tersedia versi lain